Cara Mengubah Bahasa di Facebook Menjadi Bahasa Jawa Melalui HP Android



Cara Membuat di Facebook berbahasa jawa tahun 2020 - Tidak hanya bahasa indonesia saja yang di gunakan ke dalam sistem menu kebahasaan di media sosial facebook. Ternyata bahasa jawa juga termasuk ke kategori bahasa programan yang di pakai di facebook.

Ya, Bahasa jawa adalah bahasa yang di gunakan oleh suku jawa yang mana sebagian besar penduduknya berkomunitas di wilayah pulau jawa.

Dan alasan utama pihak facebook memasukan bahasa jawa ke sistem kebahasaan menu-menu facebook, kemungkinan karena penuturan bahasa yang di gunakan tersebut banyak.

Berdasarkan sumber data wikipedia (2013) bahasa jawa digunakan kurang lebih dari 100 juta jiwa penutur bahasa di seluruh dunia. Maka tidak heran dengan jumlah sebesar itu di berbagai wilayah indonesia kita selalu menjumpai orang jawa selalu ada di mana-mana.

Migrasi suku jawa membuat bahasa jawa bisa di temukan di berbagai daerah, bahkan di luar negeri. Banyak orang jawa yang merantau ke malaysia turut membawa bahasa dan kebudayaan ke malaysia, sehingga terdapat terdapat pemukiman mereka yang di kenal dengan nama kampung jawa dan padang jawa.

Tidak hanya itu, bahasa jawa juga di tuturkan di berbagai negara lain seperti di suriname, kaledonia baru, guyana prancis, dan venezuela. Yang mana sebagian besar penyebarannya pada waktu itu di bawa pada masa penjajahan hindia belanda antara tahun 1890-1939.

Sekarang kembali ke topik pembahasan tentang Cara Mengubah Bahasa di Facebook Menjadi Bahasa Jawa. Sebenarnya mudah saja untuk mengubah bahasa di facebook menjadi bahasa jawa, kita dapat melakukannya dengan langkah-langkah yang tidak sampai satu menit, bahkan bisa lebih cepat dari itu.

Lalu bagaimana mengubah bahasa di facebook menjadi bahasa jawa?

Baiklah, untuk mengubah bahasa di facebook menjadi bahasa jawa. Anda dapat melakukan totorial mudah seperti berikut ini:

Cara Pertama Melalui Brower
Contoh: Opera mini, chrome, uc browser, yandex, dan lain-lain.

> Langkah pertama - Silahkan masuk ke web browser seluler anda.

> Langkah kedua - Kunjungi website facebook di https://mobile.facebook.com.

> Langkah ketiga - Setelah berada di tampilan menu utama facebook, silahkan geser ke bawah pada tampilan menu facebook seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik/pilih widget tanda  (plus) di bagian kategori bahasa.
> Langkah keempat - Nah di sini terdapat banyak pilihan bahasa seperti bahasa francis, jepang, pilipina, inggris, dan lainnya. Karena tidak terlihat, sekarang yang kita lakukan cari menu pilihan bahasa Jawa, setelah ketemu langsung saja klik/pilih tulisan ''Bahasa Jawa''.
> Langkah kelima - SELESAI. Sekarang tampilan facebook anda sudah sukses berubah menjadi berbahasa jawa.

Berikut ini adalah beberapa tampilan gambar / screenshot di facebook seluler dalam bahasa jawa:







Cara Kedua Melalui Aplikasi Facebook Lite Android
1. Buka aplikasi Facebook Lite anda, pilih menu berbentuk balok tiga sejajar yang terletah sudut atas kanan. Kemudian pilih "Bahasa".

2. Langkah kedua cari bahasa tujuan dan pilih bahasa jawa yaitu "Basa Jawa".


3. Langkah ketiga selesai, berikut tampilannya.






Cukup mudah kan? Anda dapat mempraktekannya sendiri di ponsel kesayangan anda. Setelah mengubah bahasa facebook menjadi bahasa jawa. Jangan lupa ya? ajak teman-teman anda untuk menggunakan facebook berbahasa jawa tentu sangat menarik dan menyenangkan.

Demikian tutorial Cara Mengubah Bahasa di Facebook Menjadi Bahasa Jawa, Dan mudah-mudahan postingan ini dapat bermanfaat. [Tulisan diperbarui  pada tanggal 02 juni 2020]